Sehat dan Bugar dengan Puasa

8 September, 2008 at 9:40 am Tinggalkan komentar

Sumber :http://www.jambi-independent.co.id/home/modules.php?name=News&file=article&sid=4826

JIKA berpuasa dilakukan secara benar, ternyata berbagai jenis penyakit dapat dikendalikan. Misalnya diabetes, darah tinggi, kolesterol tinggi, mag hingga kegemukan. Tidak hanya itu, puasa juga mampu membuang racun dalam tubuh (detoksifikasi). Menurut dr Hj Erwita MKes, puasa berarti mengistirahatkan saluran pencernaan (usus) beserta enzim dan hormon yang biasanya bekerja mencerna makanan terus menerus selama kurang lebih 18 jam.

Dengan berpuasa, kata Erwita, organ vital ini dapat istirahat selama 14 jam. “Perintah menjalankan puasa, hikmahnya luar biasa, dari hasil penelitian, puasa berarti saluran pencernaan kita juga istirahat, ibarat mesin jika bekerja terus menerus, pasti aus,” ujarnya saat ditemui di Dinas Kesehatan Kota Jambi Subdin Pemberantasan Penyakit Menular (P2M), kemarin.

Tidak hanya itu, puasa akan mengaktifkan sistem pengendalian kadar gula darah. Apabila kadar gula darah turun, maka cadangan gula dalam bentuk glikogen yang ada di hati mulai kita gunakan. Namun penderita penyakit hati yang berat, seperti sirosis hati, dianjurkan untuk tidak berpuasa, karena berisiko terjadi penurunan gula darah (hipoglikemia), akibat cadangan glikogen hati sangat berkurang. “Pada orang normal tidak akan menjadi masalah jika kadar gula sangat turun,” ujarnya.

Bagi yang ingin menurunkan berat badan, puasa juga merupakan kesempatan untuk menurunkan berat badan dengan cara tidak makan berlebihan pada waktu buka, sehabis buka dan sewaktu sahur. “Kadar lemak darah, kolesterol dan trigliserida bisa berkurang karena tingkat konsumsi makanan gorengan dan bersantan berkurang,” terangnya.

Bagi yang hipertensi, lanjut Erwita, tekanan darah dapat turun, jika selama berbuka hingga sahur tidak makan makanan yang asin-asin dan tidak lupa minum obat hipertensi pada waktu sahur. Pada penderita diabetes (terutama yang gemuk) dengan berpuasa gula darah lebih terkontrol. Meski demikian, tidak semua penderita diabetes mellitus atau kencing manis aman untuk menjalankan puasa. “Yang aman adalah penderita diabetes yang kadar gulanya kurang dari 200 mg/dl, dan mendapat pengobatan bentuk tablet yang diminum. Jika mendapat suntikan insulin, dosis harus kurang dari 40 unit/hari dengan 1 x suntikan per hari,” ujarnya.

Sedangkan untuk penderita sakit mag atau gastritis yang ringan boleh puasa, kadang-kadang keluhannya berkurang. Bila berat, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter dulu apakah boleh puasa. “Kalau tidak mampu tidak usah dipaksakan, namun jika dicoba dan menghindari makanan perangsang asam lambung saat buka dan sahur serta minum obat, biasanya tidak masalah,” ujarnya.

Ia menjelaskan, puasa secara kimia, tidak diakhiri ketika simpanan karbohidrat di tubuh mulai digunakan sebagai sumber energi. Ia akan terus berlanjut selama simpanan lemak dan karbohidrat digunakan untuk energi. Berbeda dengan pemakaian simpanan protein. “Ketika simpanan protein dihabiskan untuk energi, yang mengakibatkan hilangnya massa otot, secara teknis orang bersangkutan akan merasa kelaparan,” ujarnya.

Dari aspek gizi, puasa paling tidak akan mengurangi asupan zat gizi, terutama kalori, sekitar 20% sampai 30%. Namun dari aspek kesehatan, puasa ternyata memberi manfaat terhadap tubuh orang yang menahan lapar dan haus tersebut. Salah satu yang penting, dapat mengurangi racun di dalam tubuh. Yang paling penting, ternyata puasa mampu mengeliminasi atau memurnikan racun melalui usus besar, ginjal, paru-paru, kelenjar limpa, dan kulit. “Istilah ini disebut detoksifikasi,” ujarnya.

Proses ini dipercepat dengan berpuasa, karena ketika makanan tidak lagi memasuki tubuh, maka tubuh akan mengubah simpanan lemak menjadi energi. Nilai lemak pada manusia adalah 3.500 kalori per pon. Suatu nilai yang cukup untuk memberikan energi bagi aktivitas sehari-hari.

Simpanan lemak terjadi karena glukosa dan karbohidrat tidak digunakan sebagai sumber energi, untuk pertumbuhan, dan tidak diekresikan. Saat simpanan lemak digunakan untuk energi selama berpuasa, proses ini melepaskan zat kimia berasal dari asam lemak ke dalam sistem yang kemudian dieliminasi melalui organ-organ pembuangan. Zat kimia tidak terdapat dalam makanan, tetapi diserap dari lingkungan misalnya pestisida, juga disimpan dalam deposit lemak, yang akan dilepaskan saat berpuasa. “Sebagai bukti kebenaran, pengujian feses, urine, dan keringat pada orang yang berpuasa telah menemukan pestisida di setiap spesimen tersebut,” pungkasnya.(*)

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

Pengambilan CD Produk yang Keliru Cara Murah Mengkonversi Gas Menjadi Bahan Bakar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


MGMP KIMIA
GURU PEMANDU MGMP KIMIA

KLIK GAMBAR UNTUK AKSES KE FORUM GURU PEMANDU KIMIA JATENG

Blinkie Text Generator at TextSpace.netBlinkie Text Generator at TextSpace.net

Random Terjemahan Al Quran

Kulonuwun

Assalamualaikum wr. wb.

Kami adalah sekumpulan guru Kimia di Jawa Tengah yang mencoba untuk terus mencari dan berbagi sebagai sarana untuk mencapai peningkatan kualitas diri, dengan menggunakan weblog ini kami berharap kebersamaan yang telah terinisiasi melalui Workshop Guru Pemandu Pemberdayaan MGMP Mata pelajaran Kimia yang diselenggarakan oleh LPMP dari tanggal 3 s.d. 6 September ini dapat lebih bermanfaat dan berkelanjutan.

Kami mengundang guru-guru Kimia baik di Jawa Tengah Khususnya dan di Seluruh tanah air ini untuk bersama-sama menggunakan ajang silaturahmi ini, baik sebagai pengguna ataupun contributor guna kelanggengan weblog ini.

Wassalam

Pegunjung hingga saat ini

  • 17,645 Kunjungan

Undangan Menjadi Pengguna Weblog

Bagi rekan-rekan guru kimia Jawa Tengah yang berminat sharing file atau ingin mengungkapkan ide seputar pendidikan kimia dan isue-isue terbaru pendidikan Indonesia, mohon sudi untuk bergabung bersama kami sebagai kontributor/editor/penulis dalam weblog ini, dengan cara memberikan alamat email dan nama pada menu forum.
September 2008
S S R K J S M
    Okt »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Jadwal Sholat Kota Semarang

Pos-pos Terbaru

Pos-pos Terbaru

Klik tertinggi

  • Tak ada

RSS Baca Berita Sain Kompas

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Berita Suara Merdeka

Feeds

Alamat Email guru pemandu mgmp Kimia Jateng

pemandumgmpkimia@yahoo.com

%d blogger menyukai ini: